s

Uncategorized

Wisata Susur Sungai Yang Ada Di Indonesia

Selain pantai, pegunungan, hutan, danau, tidak benar satu pesona alam Indonesia yang kami banggakan adalah sungai. Iya, masyarakat Indonesia sejak berasal dari dulu tidak jauh berasal dari kehidupan sungai, mengingat begitu menyebarnya sungai-sungai di seluruh pelosok negeri. Sobat Pesona pun sudah pasti telah dulu mengunjungi sungai paling dekat seperti di pedesaan yang asri, kan? Nah, sehingga kenal lebih dekat ulang bersama keelokan sungai #DiIndonesiaAja, yuk, cobalah wisata susur sungai di tujuh sungai berikut!

1. Sungai Musi, Sumatra Selatan

Siapa yang enggak kenal bersama sungai terpanjang di Pulau Sumatra yang terletak di Kota Pempek? Iya, apa ulang jikalau bukan Sungai Musi yang membelah Kota Palembang, Ibu Kota Provinsi Sumatra Selatan, jadi dua bagian, yaitu “Ilir” untuk sebutan anggota utara dan “Ulu” untuk anggota selatan. Dengan panjang yang meraih sampai 750 km, Sobat Pesona dapat menyusuri tiap tiap sudutnya. Melalui wisata susur sungai, Sobat Pesona slot mahjong dapat mencoba speed boat atau kapal ketek yang melayani beraneka destinasi di sepanjang Sungai Musi, seperti ke Warung Apung Pindang Ikan di Pasar Tradisional 16 Ilir, Kampung Kapitan, Masjid Ki Muara Ogan, sampai ke Pulau Kemarau.

Alamat : Palembang, Sumatra Selatan

2. Cukang Taneuh, Jawa Barat

Mau yang adem-adem di Jawa Barat? Ini dia destinasi andalan kebangaan Priangan Timur, Cukang Taneuh atau lebih sering dikenal bersama sebutan Green Canyon yang terletak di Pangandaran. Bagaikan surga tersembunyi yang tergambar didalam dunia dongeng, sejuk dan hijaunya ke-2 tebing tinggi yang mengapit sungai jernih berwarna hijau tosca sangatlah menawan. Sobat Pesona yang mendambakan menyusuri keindahan Cukang Taneuh dapat pakai perahu kayu yang disebut “ketinting”. Wah, jadi penasaran, ya?

Jam Buka: Senin-Kamis 08.00 – 16.00 WIB, Jumat 13.00 – 16.00 WIB, Sabtu-Minggu 07.30 – 16.00 WIB

Alamat : Jalan Raya Cijulang, Dusun Karangpaci, Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat

3. Sungai Maron, Jawa Timur

Jawa Timur juga enggak kalah bersama julukan “Amazon ala Jawa Timur”-nya. Iya, julukan ini juga diperoleh Sungai Maron yang terletak di Kabupaten Pacitan. Begitu memasuki gerbang bertuliskan “Wisata Sungai Maron”, Sobat Pesona dapat langsung menyambangi jasa perahu untuk menyusuri sungai ini. Seorang pemandu dapat memimpin perjalanan bersama rute 4,5 km yang berdurasi kira-kira 45 menit. Suguhan pepohonan kelapa, jambu, dan juga air sungai yang hijau menyejukkan mata! Selain itu, di sini juga ada spot foto yang instagramable yaitu ayunan cinta. Wah, pasti seru nih!

Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB

Alamat : Dusun Maron, Desa Dersono, Kec. Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

4. Sungai Ayung, Bali

Kalau telah mendengar kata Pulau Dewata, Sobat Pesona pasti telah terbayang kan gimana serunya susur sungai di tidak benar satu sungai terpanjang di Bali? Iya, sungai tersebut tidak lain adalah Sungai Ayung. Sungai yang terbentang sepanjang 62 km berasal dari daerah utara gunung sampai turun ke selat Badung di Sanur ini biasa jadi wilayah favorit untuk arung jeram. Keseruan mencoba wahana arung jeram ini memacu adrenalin Sobat Pesona dikarenakan treknya yang panjang dan penuh halangan namun senantiasa aman. Waktu tempuhnya sendiri meraih kira-kira 2 jam, jadi dapat seru-seruan lumayan lama nih bareng besties!

Alamat : Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

5. Sungai Kapuas, Kalimantan Barat

Gimana ya rasanya menyusuri sungai terpanjang di Indonesia? Rekor tersebut disandang oleh Sungai Kapuas yang terletak di Kalimantan Barat. Mencapai panjang 1.143 km bersama hulu di Pegunungan Muller dan hilirnya di Selat Karimata, sungai ini melalui Kota Pontianak dan empat kabupaten lainnya. Untuk merekam tiap tiap sudut keelokan Sungai Kapuas, Sobat Pesona dapat menyusurinya bersama kapal wisata. Lokasinya berada di Taman Alun Kapuas, di mana Sobat Pesona dapat menaiki kapal ini terasa berasal dari 6 pagi sampai 8 malam.

Alamat : Pontianak, Kalimantan Barat

You may also like...

error: Content is protected !!