s

Wisata

Tempat Wisata Pegunungan Terbaik di Jawa Tengah

Dieng, Wonosobo

Liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) telah makin lama dekat. Masyarakat mampu pakai kala liburan ini dengan mendatangi daerah wisata pegunungan paling baik di Jawa Tengah. Perlu diketahui pula berkenaan lokasi, rute, kekuatan tarik, dan fasilitasnya.

Jawa Tengah sendiri mempunyai banyak gunung, baik yang aktif maupun tidak, di antaranya adalah Gunung Lawu, Slamet, Sumbing, Sindoro, Ungaran, dan Merbabu. Daerah-daerah di kaki gunung ini pun sering jadi pilihan masyarakat untuk berlibur.

Udara yang sejuk dan panorama cantik menghijau cocok sbobet untuk merilekskan anggapan dan menghilangkan sejenak beban kehidupan kala liburan tiba. Berikut kami rangkumkan dari laman Disporapar Provinsi Jawa Tengah berkenaan 5 daerah wisata pegunungan paling baik di Jawa Tengah.

Tempat Wisata Pegunungan Terbaik di Jawa Tengah untuk Nataru

1. Selo, Boyolali

Selo merupakan nama tidak benar satu kecamatan di Kabupaten Boyolali yang diapit oleh dua gunung sekaligus, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Bahkan daerah ini jadi titik pendakian Gunung Merbabu. Ketinggiannya berada di atas 1000 mdpl.

Selo berjarak kurang lebih 47 km ke barat dari Kota Solo atau menempuh kala kurang lebih 1 jam 20 menit dengan sepeda motor. Dari Balaikota Surakarta wisatawan mampu menuju Jalan Sultan Syahrir ke Jalan R.M. Said.

Setelah itu, ambil Jalan Semarang-Solo ke Jalan Blabak-Boyolali. Jika berkendara dengan mobil, wisatawan mampu melalui tol Salatiga-Kertosono atau tol Semarang-Solo.

Daya tarik utama dari wisata pegunungan pasti adalah panorama yang cantik dan udaranya yang sejuk. Beberapa objek wisata yang mampu pengunjung menentukan pada lain adalah Embung Manajar, Bukit Sanjaya, Merapi Garden, Desa Samiran, dan masih banyak lagi.

Pilihan sarana di tiap objek wisata pun biasanya telah lengkap, menjadi dari daerah makan, kamar mandi, mushola, spot outdoor untuk menyaksikan view cantik, sampai daerah penginapan.

2. Dieng, Wonosobo

Jika Selo, Boyolali terletak di pada 2 gunung, maka Dieng lebih banyak lagi. Gunung dan bukit yang menghimpit lokasi ini pada lain adalah Gunung Sumbing, Sindoro, Prau, Bukit Pakuwaja dan Sikunir.

Wilayah ini jadi desa tertinggi di Pulau Jawa karena berada di ketinggian 2000 mdpl. Wisata yang di tawarkan pada lain adalah wisata vulkanik layaknya Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, Kawah Sibanteng, Telaga Warna, Telaga Dringo, dan masih banyak lagi.

Terdapat pula pilihan wisata histori dan alam dengan ada Candi Arjuna, Museum Kailasa, Patean Tambi, Batu Angkruk, dan Sumur Jalatunda. Perlu menempuh jarak kurang lebih 139 km atau hampir 4 jam perjalanan dari Kota Solo untuk menuju ke Dieng.

Baca juga:

Wisata Gorontalo, Wisata Sejarah hingga Bertemu Hiu Paus

Tempat Wisata di Cicalengka Jawa Barat dengan Alam yang Menakjubkan

Ambil jalur yang serupa layaknya ke Selo, selanjutnya lanjutkan menuju Jalan Magelang-Salatiga. Lalu, ambil Jalan Grabag-Kopeng dan lanjutkan ke Jalan Raya Magelang-Semarang. Teruskan ke Jalan Ngadirejo dan Jalan Tambi sampai sampai di lokasi wisata yang diinginkan.

Karena telah jadi destinasi wisata sejak lama, maka sarana yang ada di objek wisata maupun sekitarnya telah lengkap sehingga wisatawan tak perlu khawatir.

3. Tawangmangu, Karanganyar

Tawangmangu merupakan tidak benar satu kecamatan di Kabupaten Karanganyar yang terletak di kaki Gunung Lawu. Tempat ini pun telah jadi obyek wisata alam primadona bagi daerah-daerah sekitarnya.

Dari Kota Solo, cuma perlu menempuh kurang lebih satu jam perjalanan menuju arah timur atau kurang lebih 38 km. Wisatawan cuma perlu ikuti jalur raya Palur-Karanganyar, Karanganyar-Matesih, dan Matesih-Tawangmangu yang merupakan jalur utama.

Banyak wisata alam yang di tawarkan di Tawangmangu, di antaranya adalah Air Terjun Jumog, Air Terjun Grojogan Sewu, Kebun Teh Kemuning, Bumi Perkemahan Sekipan dan Pleseran, dan masih banyak lagi. Wisata histori pun ada dengan ada Candi Sukuh dan Candi Cetho.

Fasilitas wisatanya telah lengkap dan sampai kini masih banyak objek wisata dan pendukung wisata yang tetap dibangun dan direvitalisasi.

4. Baturaden, Banyumas

Baturaden terletak di lereng selatan Gunung Slamet, tepatnya di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Baturaden berjarak 7,5 km dari Kota Purwokerto ke arah utara.

Jika ada wisatawan dari Solo yang menghendaki ke Baturaden, maka perlu menempuh 6 jam perjalanan atau kurang lebih 230 km.

Beberapa wisata alam dengan sarana lengkap yang terdapat di sini adalah Curug Telu, Bukit Bintang, The Village, Curug Jenggala, Lokawisata Baturaden, Kebun Raya, Taman Miniatur Dunia, dan masih banyak lagi.

5. Sawangan, Magelang

Di daerah Sawangan, Magelang wisatawan bakal disuguhkan dengan panorama 7 gunung sekaligus, yaitu Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Prau, Telomoyo, Andong dan Gunung Tidar.

Untuk mampu menyaksikan view tersebut, wisatawan perlu menempuh jarak 68 km dari Kota Solo atau kurang lebih 2 jam perjalanan ke arah barat melalui Jalan Blabak-Boyolali.

Wisata alam dengan sarana lengkap yang mampu wisatawan kunjungi di antaranya adalah Ketep Pass, Air Terjun Kedung Kayang,, Negeri Kahyangan, Sendang Maren, Bukit Rhema Gereja Ayam, dan sebagainya.

Di sini pengunjung mampu lakukan berbagai kesibukan layaknya wisata edukasi, camping, glamping, jeep adventure, atau sekadar bersantai dan berfoto.

You may also like...

error: Content is protected !!