s

Uncategorized

Tamasya Religi di Pasuruan untuk Mengisi Bulan Ramadan

Pasuruan – Ada banyak tamasya religi di Pasuruan yang bisa dikunjungi selama bulan Ramadan (Ramadhon). Mulai dari deretan masjid megah mahjong ways nan unik sampai makam-makam ulama besar yang bisa diziarahi.

Sejumlah destinasi tamasya religi di Pasuruan itu mengajak muslim tamasya sembari memperdalam pengetahuan mengenai Islam. Apalagi di bulan Ramadan dianjurkan melakukan berjenis-jenis amalan sunah.

Tamasya Religi di Pasuruan

Berikut sejumlah tamasya religi di Pasuruan yang bisa menjadi jujukan tamasya selama bulan Ramadan. Mengunjungi masjid-masjid unik kemudian lanjut berziarah maupun sebaliknya.

1. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho berada di Jlalan Raya Kasri Nomor 18, Petung Sari, Petungasri, Kecamatan Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Masjid ini dilegalkan Bupati Pasuruan pada tahun 2008.

Masjid Cheng Ho mempunyai perpaduan tiga arsitektur yaitu Jawa, Arab, dan Tionghoa. Bangunan masjid diciptakan dengan dua lantai dengan atapnya diciptakan menyerupai pagoda.

2. Masjid Merah

Pasuruan mempunyai Masjid unik untuk obyek tamasya religi. Ialah Masjid Moekhlas Sidik atau lazim disebut Masjid Merah, yang beralamat di Desa Durensewu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Masjid Merah dilegalkan tahun 2019. Cocok dengan sebutannya, bangunan masjid ini didominasi warna merah merona yang memberi kesan menawan di tengah hamparan sawah.

Tak jauh beda dengan masjid pada biasanya, bangunan Masjid Moekhlas Sidik terbagi menjadi dari tiga bagian, yaitu kubah, tubuh masjid, dan halaman. Tetapi, masjid ini tidak mempunyai menara.

3. Masjid Agung Al-Anwar

Tamasya religi lain di Pasuruan, yaitu Masjid Agung Al-Anwar. Salah satu masjid megah di Pasuruan ini berada di Jalan KH. Wahid Hasyim 202 Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

Masjid Al-Anwar berada di jantung kota, yaitu kawasan Alun-Alun Kota Pasuruan. Ikon Masjid Agung Al-Anwar yaitu payung raksasa yang mirip payung di Masjid Nabawi, Madinah. Banyak pengunjung yang melakukan swafoto di area ini.

Sementara bangunan masjid terdiri dari dua lantai. Bangunan masjid ini mempunyai gaya arsitektur yang khas. Ada nuansa Timur Tengah dan ornamen berwarna hijau pada bangunan masjid.

You may also like...

error: Content is protected !!